TUGAS 1 TIK
MATERI 1
1.
Pengertian TIK
a.
Teknologi: secara harfiah berasal dari bahasa
latin texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi
seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal
tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Informasi: fakta atau apapin yang dapat
digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Informasi ialah sejumlah
data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat
kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan.
c.
Komunikasi: suatu penyampaian pesan (ide,
gagasan, materi pelajaran) dari satu pijak kepada pihak lain agar saling
memengaruhi diantara keduanya.
Jadi, TIK adalah segala jenis kegiatan yang
terkait dengan pemprosesan, pengolahan, manipulasi, serta pemindahhan informasi
antar media.
2.
Tujuan dan Fungsi Program Pembelajaran TIK Pada
AUD
a.
Tujuan pembelajaran TIK pada AUD adalah mengenalkan
teknologi informasi dan komunikasi. Untuk memudahkan AUD dalam membantu prosbel
dengan cara yang menyenangkan, kreatif, imajinatif dengan memakai TIK sebagai
sumber belajar, seperti CD interaktif yang kini semakin berkembang dalam
modifikasi isi dan pembelajarannya.
b.
Fungsi:
·
Teknologi berfungsi sebagai alat, mengandung
pengertian dalam hal ini perangkat teknologi digunakan sebagai alat bantu dalam
prosbel, misalnya sebagai alat untuk mengolah kata, angka, membuat grafik, dll.
·
Teknologi informasi berfungsi sabagai ilmu
pegetahuan yang mengandung pegertian bahwa teknologi adalah bagian dari
disiplin ilmu yang harus dikuasai peserta didik, misalnya teknologi komputer
menjadi jurusan di sekolah tau adanya
mata pelajaran TIK di sekolah sehingga menuntut peserta didik untuk mengeuasai
kompetensi tertentu dalam TIK
·
Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk
proses pembelajaran, mengandung makna bahwa teknologi berfungsi sebagai bahan
pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai kompetensi tertentu
melalui bantuan komputer.
3.
Prinsip-prinsip Pembelajaran Ditingkat PAUD
a.
Mempertimbangkan karakteristik peserta didik,
pendidik, dan tenaga kependdikan dalam keseluruhan pembuatan keputusan TIK
b.
B. Dirancang untuk memperkuat minat dan
motivasi pengguna untuk meningkatkan dirinya, baik dari segi intelektual, spiritual,
sosial, maupun ragawi
c.
Menumbuhkan kesadaran dan keyakinan akan
pentingnya kegiatan berinteraksi langsung dengan manusia (tatap muka), dengan
lingkungan sosial-budaya (pertemuan, museum, tempat bersejarah), dan lingkungan
alam (penjelajahan) agar mampu memelihara nilai-nilai sosisal dan humaniora (seni
dan budaya), dan kecintaan terhadap alam sebagai anugerah dari Tuha YME.
d.
Menjaga bahwa kelompok sasaran tetap dapat
mengapresiasi teknologi komunikasi yang sederhana dan kegiatan pembelajaran
tanpa TIK karena tuntutan penguasaan kompetensi terkait dalam rangka
mengembangkan seluruh potensi siswa secara seimbang.
e.
Mendorong pengguna untuk menjadi lebih kreatif dan
inovatif sehingga tidak hanya puas menjadi konsumen berbasis TIK.
4.
Keterkaitan TIK Pada TK/PAUD
Telah diketahui bahwa anak-anak usia dini
cenderung memiliki sifat jenuh dan mudah bosan, sehingga dengan adanya
pembelajaran yang berbasispada TIK ini anak mungkin tidak akan merasa jenuh dan
bosan lagi, karena banyak sekali tampilan-tampilan multimedia dan
aplikasi-aplikasi lainnya yang membuat belajar anak menjadi menyenangkan
5.
Dampak Positif dan Negatif TIK di Lingkungan
TK/PAUD
a.
Dampak Positif:
·
Stimulasi bagi perkembangan antara kondisi mata
dengan kecepatan gerak tangan
·
Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus
anak khususnya daya rangsang padaa anak agar dapat melatih kemampuan berfikir
untuk lebih kreatif
·
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya
indera.
b.
Dampak Negatif
·
Komputer dapat mengakibatkan mata pada anak
menjadi sakit apabila terlalu lama di depan komputer
·
Komputer juga dapat mengakibatkan anak malas
belajar, apabila anak mengetahui game di dalam komputer
·
Hubungan pribadi antar anak yang satu
denganyang lainnya menjadi lemah karena anka-anak berkomunikasi ketika mereka
menggunakan komputer.
MATERI 2
1.
Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Unesco menyatakan bahwa semua negara maju dan
berkembang, perlu mendapatkan akses TIK dan menyediakan fasilitas pendidikan
yang terbaik, sehimgga diperoleh generasi muda yang siao berperan penuh dalam
masyarakat modern dan mampu berperan dalam negara pengetahuan. Karena perkembangan
dari TIK yang pesat, perubahan terus-menerus menjadi tantangan berbagai pihak,
dari komentrian pendidikan, pengajar sampai penerbit.
2.
Ragam dan Jenis TIK Dilingkungan TK/PAUD
TIK Berbasis Elektronik:
·
Handphone, yaitu alat komunokasi tanpa kabel
yang berupa pesawat celular yang berbentuk cukup kecil yang dapat dibawa pergi
kemana saja
·
Fixphone, yaitu alat komunikasi yang berbentuk
pesawat sambungan tekan nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen
yang tidak bis adipindahkan ketempat yang tidak ada kabel jaringannya
·
Laptop/Notebook, adalah bentuk lain dari
komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang dapat dipangku (lap
berarti pangkuan)
·
Telegraf, merupakan alat komunikasi jarak jauh
yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim
biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut mouse, karena
pengiriman informasi dengan alat ini menggunkan mouse.
·
Televisi, adalah salah satu peralatan
komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi.
Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar
·
Modem adalah ala yang berfugsi menngubah sinyal
analog dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Teknologi ini dapat
dipergunakan untuk mengirim baik berupa teks atau simbol, suara, gambar ataupun
video.
TIK Berbasis Internet
·
Email, sarana kirim mengirim surat melalui
jalur jaringan komputer (misalnya intenet)
·
Mailing List (mills), merupakan perluasan
penguunaan e-mail, melalaui mills ini bisa dilakuka diskusi ntuk memecahkna
suatu permasalahan, dengan saling memberikan saran pemecahan
·
Word Wide Web (www), kumpulan koleksi besar
tentang berbagai macam dokumentasi yang tersimpan dalam berbagai server di
seluruh dunia dan dokumentasi tersebut dikembangkan dalam format hypertext dan
hypermedia, dengan menggunakan hypertext Markup Language (html) yang
memungkinkan terjadinya koneksi dokumen yang satu dengan yang lainnya
·
E-business, mencakup adanya kolaborasi antara
mitra bisnis, lowonagn kerja, pelayanan nasabah dsb.
·
ATM Banking, aktivitas perbankan diinternet. Layanan
ini memungkinkan nasabah sebuah dapat melakukan hampir semua jenis transaksi
perbankan melalui sarana internet, khususnya via web
·
Social Media, sebuah media online dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, dsb.
Komentar
Posting Komentar