TUGAS 1 TIK

MATERI 1
1.      Pengertian TIK
a.       Teknologi: secara harfiah berasal dari bahasa latin texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Informasi: fakta atau apapin yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Informasi ialah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan.
c.       Komunikasi: suatu penyampaian pesan (ide, gagasan, materi pelajaran) dari satu pijak kepada pihak lain agar saling memengaruhi diantara keduanya.
Jadi, TIK adalah segala jenis kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, pengolahan, manipulasi, serta pemindahhan informasi antar media.
2.      Tujuan dan Fungsi Program Pembelajaran TIK Pada AUD
a.       Tujuan pembelajaran TIK pada AUD adalah mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk memudahkan AUD dalam membantu prosbel dengan cara yang menyenangkan, kreatif, imajinatif dengan memakai TIK sebagai sumber belajar, seperti CD interaktif yang kini semakin berkembang dalam modifikasi isi dan pembelajarannya.
b.      Fungsi:
·         Teknologi berfungsi sebagai alat, mengandung pengertian dalam hal ini perangkat teknologi digunakan sebagai alat bantu dalam prosbel, misalnya sebagai alat untuk mengolah kata, angka, membuat grafik, dll.
·         Teknologi informasi berfungsi sabagai ilmu pegetahuan yang mengandung pegertian bahwa teknologi adalah bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai peserta didik, misalnya teknologi komputer menjadi jurusan  di sekolah tau adanya mata pelajaran TIK di sekolah sehingga menuntut peserta didik untuk mengeuasai kompetensi tertentu dalam TIK
·         Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk proses pembelajaran, mengandung makna bahwa teknologi berfungsi sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai kompetensi tertentu melalui bantuan komputer.
3.      Prinsip-prinsip Pembelajaran Ditingkat PAUD
a.       Mempertimbangkan karakteristik peserta didik, pendidik, dan tenaga kependdikan dalam keseluruhan pembuatan keputusan TIK
b.      B. Dirancang untuk memperkuat minat dan motivasi pengguna untuk meningkatkan dirinya, baik dari segi intelektual, spiritual, sosial, maupun ragawi
c.       Menumbuhkan kesadaran dan keyakinan akan pentingnya kegiatan berinteraksi langsung dengan manusia (tatap muka), dengan lingkungan sosial-budaya (pertemuan, museum, tempat bersejarah), dan lingkungan alam (penjelajahan) agar mampu memelihara nilai-nilai sosisal dan humaniora (seni dan budaya), dan kecintaan terhadap alam sebagai anugerah dari Tuha YME.
d.      Menjaga bahwa kelompok sasaran tetap dapat mengapresiasi teknologi komunikasi yang sederhana dan kegiatan pembelajaran tanpa TIK karena tuntutan penguasaan kompetensi terkait dalam rangka mengembangkan seluruh potensi siswa secara seimbang.
e.       Mendorong pengguna untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga tidak hanya puas menjadi konsumen berbasis TIK.
4.      Keterkaitan TIK Pada TK/PAUD
Telah diketahui bahwa anak-anak usia dini cenderung memiliki sifat jenuh dan mudah bosan, sehingga dengan adanya pembelajaran yang berbasispada TIK ini anak mungkin tidak akan merasa jenuh dan bosan lagi, karena banyak sekali tampilan-tampilan multimedia dan aplikasi-aplikasi lainnya yang membuat belajar anak menjadi menyenangkan
5.      Dampak Positif dan Negatif TIK di Lingkungan TK/PAUD
a.       Dampak Positif:
·         Stimulasi bagi perkembangan antara kondisi mata dengan kecepatan gerak tangan
·         Menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang padaa anak agar dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif
·         Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
b.      Dampak Negatif
·         Komputer dapat mengakibatkan mata pada anak menjadi sakit apabila terlalu lama di depan komputer
·         Komputer juga dapat mengakibatkan anak malas belajar, apabila anak mengetahui game di dalam komputer
·         Hubungan pribadi antar anak yang satu denganyang lainnya menjadi lemah karena anka-anak berkomunikasi ketika mereka menggunakan komputer.
MATERI 2
1.      Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Unesco menyatakan bahwa semua negara maju dan berkembang, perlu mendapatkan akses TIK dan menyediakan fasilitas pendidikan yang terbaik, sehimgga diperoleh generasi muda yang siao berperan penuh dalam masyarakat modern dan mampu berperan dalam negara pengetahuan. Karena perkembangan dari TIK yang pesat, perubahan terus-menerus menjadi tantangan berbagai pihak, dari komentrian pendidikan, pengajar sampai penerbit.
2.      Ragam dan Jenis TIK Dilingkungan TK/PAUD
TIK Berbasis Elektronik:
·         Handphone, yaitu alat komunokasi tanpa kabel yang berupa pesawat celular yang berbentuk cukup kecil yang dapat dibawa pergi kemana saja
·         Fixphone, yaitu alat komunikasi yang berbentuk pesawat sambungan tekan nomor dengan menggunakan kabel yang sifatnya permanen yang tidak bis adipindahkan ketempat yang tidak ada kabel jaringannya
·         Laptop/Notebook, adalah bentuk lain dari komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang dapat dipangku (lap berarti pangkuan)
·         Telegraf, merupakan alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut mouse, karena pengiriman informasi dengan alat ini menggunkan mouse.
·         Televisi, adalah salah satu peralatan komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar
·         Modem adalah ala yang berfugsi menngubah sinyal analog dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Teknologi ini dapat dipergunakan untuk mengirim baik berupa teks atau simbol, suara, gambar ataupun video.
TIK Berbasis Internet
·         Email, sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya intenet)
·         Mailing List (mills), merupakan perluasan penguunaan e-mail, melalaui mills ini bisa dilakuka diskusi ntuk memecahkna suatu permasalahan, dengan saling memberikan saran pemecahan
·         Word Wide Web (www), kumpulan koleksi besar tentang berbagai macam dokumentasi yang tersimpan dalam berbagai server di seluruh dunia dan dokumentasi tersebut dikembangkan dalam format hypertext dan hypermedia, dengan menggunakan hypertext Markup Language (html) yang memungkinkan terjadinya koneksi dokumen yang satu dengan yang lainnya
·         E-business, mencakup adanya kolaborasi antara mitra bisnis, lowonagn kerja, pelayanan nasabah dsb.
·         ATM Banking, aktivitas perbankan diinternet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web
·         Social Media, sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, dsb.









































































Komentar

Postingan populer dari blog ini